resensi

Pemberontakan dan Kekerasan dalam Hukum Islam

Rincian Buku
Pemberontakan dan Kekerasan dalam Hukum Islam
Ukuran: 13 x 20,5 cm
Terbit: Segera

Bermula dari kekecewaan mengkaji fikih modern tentang kekerasan politik dan terorisme, Abu El Fadl menyusuri sebuah perjalanan sangat menarik. Sembilan tahun lamanya dia melacak fikih pemberontakan dan kekerasan (dari abad ke-8 hingga ke-17 M.). Pelacakannya berujung pada kesimpulan bahwa fikih pramodern ternyata relevan dengan masalah yang kita hadapi dewasa ini.

Buku ini mengulas bagaimana dinamika negosiatif antara penguasa dan fukaha dalam sejarah Islam menghasilkan wacana doktrinal yang begitu kaya dan, terkadang, penuh teka-teki. Salah satu bagian penting dari wacana itu adalah hukum pemberontakan dalam Islam (ahkam al-bughah). Fikih ini membicarakan posisi moral dan hukum dari para pemberontak serta perlakuan yang semestinya diberikan kepada mereka. Dengan meyakinkan, Abou El Fadl menunjukkan bahwa hukum Islam klasik dan pascaklasik memberikan kelonggaran perlakuan terhadap kaum pemberontak. Sayangnya, kearifan itu kini lenyap—digantikan oleh wacana fikih modern yang tumpul dan mudah ditebak.

Barangkali, inilah satu-satunya tinjauan sistematis mengenai hukum perlawanan politik dan kekerasan dalam Islam. Buku ini menggambarkan dengan gemilang respons fukaha pramodern terhadap pelbagai aksi pemberontak: teror, penjarahan, pembunuhan, pemerkosaan, dan sebagainya. Anda pun bisa menikmati kecanggihan fukaha dalam mengelola berbagai aspek ajaran Islam menjadi sebuah bidang kajian yang utuh dan terurai dengan detail.

Terbanglah Kemana Cinta Membawamu

Kisah Sepasang Kekasih Pencari Cinta Sejati

Rincian Buku
Terbanglah Kemana Cinta Membawamu
Penulis: Pico Iyer
Ukuran: 13 x 20 cm
Terbit: Segera

John Macmillan adalah seorang lelaki Inggris yang berada di California untuk mempelajari sufisme, khususnya Rumi, mistikus Islam abad ketiga belas yang saat ini menjadi penulis puisi paling populer di Amerika.

Saat bepergian ke Damaskus, ia mendengar kabar burung tentang sebuah manuskrip rahasia dan kontroversial yang kemungkinan berhasil keluar dari Iran semasa gebalau Revolusi Islam. Saat menyampaikan titipan dari seorang teman ketika kembali ke California, ia bertemu Camilla Jensen, seorang gadis California yang berpikiran terbuka dan membingungkan yang tampaknya memiliki hubungan dengan teks yang hilang itu.

Saat mengikuti jejak puisi mistik ini sampai ke Spanyol, India, dan Iran, serta mencoba mengungkap misteri di balik pesona Camilla, John menemukan dirinya tenggelam makin dalam ke dunia penuh gairah yang membingungkan. Kemudian, tiba-tiba, sebuah manuskrip muncul dan Camilla menghilang. Itu membuatnya makin memahami beberapa hal, tetapi juga membuatnya makin yakin apa yang paling penting baginya.

Novel ini adalah roman mistis dalam tradisi Persia klasik yang berlatar masa kini. Namun, kisah ini juga menampilkan benturan antara Islam dan dunia Barat. Mencekam dan mendebarkan, novel  ini juga menunjukkan bakat unik Iyer dalam menampilkan jalinan impian, nafsu, serta prasangka yang terlibat saat budaya yang berbeda saling bertautan.

~ by rheyaweb5 on March 3, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: